12.07.2008

Trik menggunakan CD-R supaya dapat ditulisi berulang-ulang

Selama ini ternyata saya tertipu dan menjadi orang boros
karena membeli CD-R dalam jumlah besar karena saya
berpikir CD-R hanya dapat ditulisi sekali saja.. dan
ternyata itu salah!!
Trik yang saya sampaikan ini menggunakan software
Ahead Nero Burning Rom 5 bawaan CDRW LiteOn saya.
Selama beberapa bulan saya telah menggunakannya
dan membackup data-data ke CD-R. Saya menggunakan
CD-R tidak maksimal karena seringkali mengisinya
dengan data beberapa MB saja walaupun kapasitas
CD-R bisa mencapai 700 MB. Mengapa? Karena saya
tidak tahu ternyata CD-R dapat ditulisi berulang-ulang
selama kapasitasnya belum penuh.
Lalu bagaimana caranya menggunakan ulang CD-R
tersebut? Ternyata mudah kok.. Ikuti langkah-langkah
berikut:
1. Anda buka program Ahead Nero Burning ROM di
mana CD-R "bekas" Anda sudah dimasukkan ke CDRW.
2. Klik File > New sehingga menampilkan Wizard
3. Apabila Anda tidak mendapati tampilan wizard tetapi
tampilan kotak dialog dengan tab-tab di atasnya maka
Anda klik tombol Wizard di sebelah kanan.
4. Pilih Compile New CD. Perhatikan gambar berikut:
5. Pilih Data CD. Perhatikan gambar berikut:
6. Pilih Continue with Existing Data-CD (Multisession)
Disk.
7. Tekan tombol Finish
8. Pilih Session terakhir yang menunjukkan status
penulisan data ke CD yang terakhir, lalu tekan OK
9. Tunggu sebentar untuk proses "refresh" dari Nero
untuk mencek penulisan data terakhir sehingga Anda
dapat menambah data baru ke CD-R sehingga
menampilkan windows kecil dengan pesan seperti
gambar berikut.
10. Lalu Anda lanjutkan penggunaan CD-R sebagaimana
biasanya dengan menambahkan data dari File Manager
ke CD-R Anda dengan Nero.
11. Dan akhirnya Anda tidak perlu boros CD-R lagi......

DI KUTIP DARI Benpinter.Net - Trik Menggunakan CD-R supaya dapat ditulisi berulang-ulang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kasih komentar dong di bawah sini